Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-related-post-atau-artikel.html#ixzz2MTeAzvsO Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-related-post-atau-artikel.html#ixzz2MXQlHevf Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2MY102Ndr MyDiary: MEMILIH ATURAN MPASI 6+

Senin, 17 Desember 2012

MEMILIH ATURAN MPASI 6+



Besok adalah hari pertama Afif MPASI. Niatnya pingin buat makanannya sendiri di rumah alias homemade. Setelah mencoba belajar sana sini, baca-baca, tanya-tanya, dan ikutan nimbrung nyimak emak-emak yang sharing soal mpasi. Supaya tambah ilmu n makin mantap buat ber-homemade ria. Sepertinya akan lebih repot ya dibanding yang instant, apalagi saya yang gak punya ART. Tapi bismillah aja deh, kalo niatnya baik untuk memberikan yang terbaik, Insya Allah diberikan kemudahan. So, yakin bisa bisa bisa…!!
Tadinya ingin mpasi pertama Afif ngikutin WHO dan IDAI yang menyarankan MPASI bayi pertama dengan memberikan serelia atau pertepungan seperti beras. Karena makanan jenis ini mudah dicerna, rendah alergi dan bagus untuk meningkatkan berat badan bayi jika beratnya rendah.
            Tapi setelah dipikir-pikir, selama 3 bulan terakhir ini BAB Afif gak rutin dan jarang-jarang sekali, Rekor terlamanya nggak BAB sampai 11 hari. Yang lain ada yang 10 hari, 8 hari, 5 hari, dan semakin mendekati masa MPASI memang makin pendek jaraknya.
Karena BAB nya yang tidak setip hari itulah  jadi memutuskan untuk MPASI pertamanya dimulai dengan buah atau ada yang menyebutnya dengan mengikuti cara food combining (FC)
            Sebenarnya nggak masalah sih mau menentukan makanan yang mana untuk diperkenalkan lebih dulu. Toh pada akhirnya, semua jenis makanan akan diperkenalkan satu per satu.
            Dan ternyata permisahhhh… Pada prakteknya pun daku tak benar-benar harus memakai aturan food combining yang menyarankan di bulan pertama MPASI dengan makan buah saja, tapi nyatanya kugabung-gabung aja sesuai kebutuhan bayi dan stok yang ada di dapur.

            Ini salah satu catatan pentingku sebagai gambaran saat menentukan MPASI Afif

Usia bayi
Jenis Makanan
Keterangan
6+
Pure Buah




Perkenalan karbo bubur lembut
1-2x makan
Awal : 50-60 ml (sudah dicampur air/asi)
Minggu I : 1x
Minggu II : 2x
Minggu III, IV : Perkenalan karbo, 1x buah 1x karbo
7+
Bubur lembut
Bahan makanan : buah, sayur, karbo
Bubur lembut : blender bahan makanan + cairan (air matang/ASI) kekentalan tergantung kemampuan makan bayi
8+
Bahan makanan : ditambah protein hewani, keju, butter unsalted, yoghurt
Diblender agak kasar



1 komentar: